EVALUASI MODEL PROGRAM KELAS INTERNASIONAL DI PERGURUAN TINGGI DALAM PERSPEKTIF KELEMBAGAAN

Authors

  • Esti Junining Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya
  • Sigit Prawoto Universitas Brawijaya
  • Sahiruddin Sahiruddin Uniiversitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2020.003.02.06

Keywords:

program kelas internasional, perguruan tinggi, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji proses internasionalisasi pendidikan tinggi khususnya pada program kelas internasional di Universitas Brawijaya. Titik fokus penelitian ini adalah mengkaji aspek kelembagaan di kelas internasional Universitas Brawijaya. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara dengan perwakilan pengelola dan mahasiswa. Analisis penelitian ini adalah deskriptif kualtitatif guna mengetahui profil kelas internasional di universitas Brawijaya ditinjau dari aspek konteks input, proses dan produk menggunakan teori CIPP oleh Daniel Stufflebeam. Kelas internasional di FEB telah  memenuhi standard evaluasi CIPP oleh Daniel Stufflebeam. Penelitian ini menunjukkan bahwa kelas internasional di FEB masih konsisten menggunakan konteks CIPP, tetapi ada dua hal yang belum dilakukan oleh kelas internasional ini yaitu; (1) Program Double Degree yang ada belum terdaftar di Kemenristekdikti. Hal ini disebabkan karena ketentuan terdaftarnya kelas internasional di Kemenristekdikti harus menjadi program studi sendiri yang terpisah dari program studi regular. Sedangkan kelas internasional yang ada di FEB ini masih terintegrasi dengan kelas regular, dan (2) Kurangnya program kompetensi Bahasa Inggris yang dibutuhkan sebagai penunjang kelas internasional di FEB. Program kursus Bahasa Inggris yang tersedia hanya TOEFL, tidak mencakup TOEIC dan IELTS.

References

Albach, P., G. and Jane Knight. 2007. “The Internationalization of Higher Education: Motivationsand Realitiesâ€. Journal of Studies in International Education, Vol. 11 No. 3/4, Fall/ Winter2007, pp.290-305.

Knight, Jane. 2004. “Internationalization Remodeled: Definition, Approaches, and Rationales†in Journal of Studies in International Education, vol. 8. pp. 5-31

Knight, Jane. 2005. “An Internationalization Model: Responding to New Realities and Challenges†in Higher Education in Latin America. pp. 1-38

Maringe, F. and Nick Fosket. 2010. Globalization and Internationalization in Higher Education: Theoretical, Strategic and Management Perspectives. London: Continuum International Publishing Group.

Shin, J.C. and Kehn, B.M. (eds). 2013. Instutionalization of World-Class University in Global Competition. The Changing Academy – The Changing Academic Profession in International Comparative Perspective 6. London: Springer Science+Business Media.

Downloads

Published

2020-07-27

Issue

Section

Articles