Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX G SMPN 3 Wates Kediri

Wawan Sarudi

Abstract


            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Para pengajar dituntut agar mampu menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Hanya saja, media yang ada tidak tertutup kemungkinan sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu di samping dapat menggunakan, para guru juga dituntut untuk dapat memilih dan jika mungkin membuat media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

            Pembelajaran menulis cerpen  cenderung dirasakan sulit oleh siswa. Siswa harus memiliki kosa kata yang cukup banyak, pilihan alur, tokoh dan karakter yang menarik dan tepat, serta imajinasi yang cukup tinggi untuk menciptakan sebuah cerpen yang baik. Menurut pengalaman penulis, pembelajaran menulis cerpen dibutuhkan stimulus/rangsang guna meningkatkan daya imajinasi anak dalam membuat cerpen. Hal ini dibutuhkan sebuah media yang tepat dan efektif.

Untuk mencari solusi dari permasalahan di atas penulis membuat meedia kartu gambar berseri dalam Pembelajaran Menulis Cerpen yang praktis dan berdaya guna. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, media Kartu gambar berseri dapat memotivasi dan meningkatkan daya imajinasi siswa dalam membuat cerpen yang baik. Media ini mudah dibuat dan murah serta praktis  dan mudah dibawa ke mana-mana. Dengan media Kartu gambar berseri, siswa terbantu dalam menulis cerpen dengan baik. Cerita,alur,karakter tokoh dan amanat lebih variatif dan siswa lebih mudah dalam menentukan isi cerpen yang akan ditulis.

Keywords


media, kartu gambar berseri, pembelajaran menulis cerpen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.001.01.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hasta Wiyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.