KELAYAKAN ISI DAN BAHASA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03Keywords:
content feasibility, language feasibility, textbooks, Indonesian language booksAbstract
This study aims to determine the appropriateness of the content and language of the Indonesian language textbook for class XI SMA Negeri 1 Sirampog. The feasibility of the book is seen from the content and language components in accordance with the National Education Standards Agency (BNSP). This study used a qualitative method with a case study approach model, while the data collection in this study was carried out using a purposive technique. Furthermore, data validity was carried out by triangulating data sources and theories. The results showed that the feasibility of the content aspect obtained a percentage of 90, 86% and the feasibility of the language aspect obtained a percentage of 93% so it is classified as a very feasible book.
References
Firdaus, Aziz dkk. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya.
Hakim, Abdul. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Hendrawan dan Mulyani. (2017). Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2): 58-62.
Husna, Nadyatul. (2013). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Jurnal Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra.
Kinanti. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal SOSIETAS, 7(1): 341-345.
Nisa, Lulu Choirun. Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 Untuk Siswa dengan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Jurnal MIPA.
Nisja, Indriani. (2018). Kesesuaian Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X dengannKurikulum 2013. Jurnal Gramatika, 4(1): 162-172.
Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.2 Tahun 2008. Buku. Jakarta: Depdiknas.
Pradita, Rido dan Fitriani. Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1-6.
Prasetyowati dan Purnama. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Penjasorkes Kelas X SMA di Kabupaten Bantul Daerah Istimewah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.62-67.
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Yulia, Kartika. (2015). Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kemendikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1-6.
Yuyun, Apriliana. Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Edisi Revisi Tahun 2017. 704-713.