ANALISIS FUNGSI DAN BENTUK IMPLIKATUR DALAM IKLAN SPRITE: KENYATAAN YANG MENYEGARKAN DI TELEVISI
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.03Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) fungsi implikatur dalam iklan sprite: kenyataan yang menyegarkan, dan (2) bentuk implikatur yang ada pada iklan sprite: kenyataan yang menyegarkan. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini berupa implikatur yang terdapat pada iklan sprite: kenyataan yang menyegarkan di televisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati secara cermat kalimat dari iklan, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan metode yang tepat. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan (1) fungsi implikatur dalam iklan sprite: kenyataan yang menyegarkan dapat digolongkan menjadi beberapa fungsi, yaitu fungsi implikatur asertif, fungsi implikatur direktif, dan fungsi implikatur ekspresif. (2) bentuk implikatur yang terdapat dalam iklan sprite: kenyataan yang menyegarkan berupa tuturan berbentuk deklaratif, interogatif, dan imperatif.
Kata kunci: Implikatur, Iklan Sprite: kenyataan yang menyegarkan
References
Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press
Sperber, dan Deirdre Wilson. 2005. “Pragmatics†dalam F. Jackson dan M. Smith (des.). Oxford handbook of contemporary philosophy. OUP: 468-501.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yule, George. 2014. Pragmatics. England: Oxford University Press (Terjemahan dalam
Bahasa Indonesia oleh Indah Fajar Wahyuni). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zamzani. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.