MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI EPISODIC MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA SMA

Hemas Haryas Harja Susetya

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil uji coba awal dari multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis cerpen siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah model pengembangan Borg & Gall, yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan beberapa produk awal, dan (4) uji coba. Subjek uji coba lapangan 15 peserta didik. Data dikumpulkan dengan angket uji coba produk untuk mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran menulis cerpen yang dikembangkan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Kebutuhan meliputi ketersediaan media pembelajaran menulis cerpen yang baru, menarik, tepat, memudahkan dan memotivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran menulis cerpen. Kelemahan peserta didik adalah kurang mampu dalam menemukan dan mengembangkan ide menjadi beberapa paragraf yang baik. Keinginan guru dan peserta didik yaitu adanya media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam menulis cerpen. (2) Produk pengembangan multimedia interaktif ini terdiri dari materi teks cerpen. Strategi episodic mapping ini benar-benar dapat membantu siswa mengembangkan ide karena dalam episodic mapping ini siswa dituntun untuk menentukan unsur intrinsik dalam cerpen. (3) Produk akhir memenuhi kualifikasi kelayakan produk yang ditunjukkan dengan hasil angket respon peserta didik bahwa multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping yang dikembangkan pada aspek kualitas tampilan pada kategori “baik” dengan skor 4,00, pada aspek kualitas penyajian produk dengan kategori “baik” skor 4,00, dan manfaat produk dengan skor 4,3 kategori “baik”. Dari hasil validasi multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping untuk pembelajaran menulis cerpen sangat membantu siswa dalam menulis cerpen. Multimedia interaktif dengan strategi episodic mapping ini bisa menjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam menulis cerpen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.002.01.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hasta Wiyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.