PRINSIP KERJA SAMA DALAM WACANA DIALOG

Mas Ulin Sahara

Abstract


Bahasa sebagai salah satu alat menyampaikan pesan dalam sebuah wacana dialog berupa kata-kata yang berisi ide, informasi, dan nasehat. Kelancaran sebuah wacana dialog, bisa dilihat dengan ketercapaianya sebuah prinsip kerja sama yang termuat di dalamnya. Prinsip kerja sama mencakup empat prinsip, yaitu (a) kuantitas, (b) kualitas, (c) korelasi, dan (d) cara. Jika semua prinsip tersebut ada dalam sebuah dialog, maka bisa dikatakan wacana dialog tersebut berhasil dan bersifat informatif. Penggunaan prinsip kerja sama tersebut harus juga melihat kajian pragmatik.


Keywords


prinsip kerja sama, wacana dialog, pragmatik

Full Text:

PDF

References


Djajasudarma. 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT. Refika Aditarma.

Grice. 1991. Logic and Conversation. Amerika: United States of Amerika.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Offline). Diakses 07 Mei 2018

Maufur, Syibli. 2016. Penerpan Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun Berbahasa di Kalangan Masyarakat Kampung Pesisir Kota Cirebon. Jurnal Al Ibtida, (Online), 3 (1). Diakses 07 Mei 2018.

Rani, dkk. 2013. Analisis Wacana Tinjuan Deskritif. Malang: Surya Pena Gemilang.

Rani, dkk. 2006. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.002.01.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hasta Wiyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.