Penerapan Model Frayer dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi

Authors

  • Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana University of Billfath

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2023.006.01.06

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keefektifan model frayer dalam pembelajaran daring menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan ancangan eksperimen. Adapun desain penelitiannya menggunakan pretest posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model frayer lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bojonegoro. Hal ini dibuktikan dari uji-t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung sebesar 1,170 dan signifikan dengan thitung <ttabel (1,170<2,003). Dengan demikian hasil uji-t pada skor prates dan pascates menunjukkan perbedaan.

References

Abbasia, Gholam R. & Arianezhad, Banafsheh. (2013). In Defense of A Hybrid Model for Efl Vocabulary Instruction. Journal of Language Teaching and Research, 4 (1), 139-148.

Ghazali, A. S. 2010. Pembelajaran Keterampilan Bebahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Gusti, R. K. T. 2012. The effect of using frayer model in improving students’ reading motivation at the first grade of junior high school 1 Benai District Kuantan Singingi Regency. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Florida Departement of Education. 2010. Classroom Cognitive and Meta-cognitive Strategies for Teacher. Florida: Departement of State.

Ilter, Ilhan. 2015. The investigation of the effects of frayer model on vocabulary knowledge in social studies. Journal of Elementary Education Online, 14(3), 1106-1129.

Iskandarwassid, dan Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Martin, Hanna. 2011. Affects of using vocabulary: a rap based vocabulary program on middle school ELLS. Tesis. University of Wisconsin, Whitewater.

Moore, J.L., Deane, D.C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same? The Internet and Higher Education, 14 (2): 129-135.

Nurhadi. 2016. Strategi meningkatkan daya baca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Sadhono Khundharo dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Schweder, Windy & Wissick, C. A. 2009. Blending technology and literacy strategies: engaging learners with emotional or behavioral disorders. Journal of Special Education Technology, 24 (2), 42.

Siregar, Shofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan Statistik. Jakarta: Panadamedia Group.

Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8 (1): 81-86.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 Mengenai Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Dunia Pendidikan.

Thomas, A. F. 2016. Implementation of vocabulary strategies to improve scientific literacy. Science Scope edisi April / Mei 2016.

Wormeli, Rick. 2011. Meringkas Mata Pelajaran 50 Teknik untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa. Jakarta: Erlangga.

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles