KONDISI BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X : SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS

Eka Mutiarazani

Abstract


Materi pembelajaran merupakan salah satu dari tiga kelompok besar fasilitas belajar. Materi pembelajaran disampaikan melalui alat peraga dan buku teks pembelajaran. Ada komponen-komponen dasar yang harus dipenuhi agar buku teks dapat menunjang pembelajaran dengan baik, yakni (1) kelayakan isi, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan keterbacaan, (4) kelayakan kegrafikaan, dan (5) kelayakan keamanan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang belum memenuhi kriteria tersebut. Untuk memperbaiki buku teks yang kurang sesuai dengan kriteria, ada empat upaya, yakni (1) motivasi atau kemauan guru mata pelajaran untuk menulis buku teks pelajaran, (2) perlu upaya guru untuk mengadaptasi isi buku teks berdasarkan kemampuan dan kebutuhan siswa, (3) penyusun buku teks harus memegang kunci utama dari kurikulum 2013 seperti pendekatan yang digunakan, materi yang disajikan, literasi, porsi sastra serta bahasa, dan (4) jika pemerintah memang menginginkan untuk membuat buku teks bagi seluruh siswa di Indonesia, sebaiknya membuat tiga versi buku disesuaikan dengan  wilayah di Indonesia  agar lebih tepat sasaran.


Keywords


Buku Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. S., Widodo M., & Rismawati, E. 2015. Kelayakan Penyajian Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra & Pembelajarannya, 9 (2): 1—10. (Online), (www.portalgaruda.org), diakses 2 Maret 2017.

Efendi, A. Beberapa Catatan tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 14 (2): 1—10. (Online), (www.portalgaruda.org), diakses 1 Maret 2017.

Gak, D. M. 2011. Textbook: An Important Element in Teaching Proccess. Hatchaba Journal, 19 (2): 78—82.(Online), (epub.ff.uns.ac.rs), diakses 9 Maret 2017.

Graves, K. 2000.Designing Language Course: A Guide for Teachers. Boston: Heinle Cengage Learning.

Mendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 8Tahun 2016 tentang Buku Teks yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mendiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mudzakir AS. 2010. Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Pustaka: Bandung.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Muslich, M. 2010. Textbook Writing: Dasar-Dasar Penulisan, Pemahaman, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/ MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs), dan sekolah menengah atas/ madrasah aliyah (SMA/ MA).

Rahmawati, G. 2015. Hubungan Antara Penilaian Siswa tentang Kualitas Buku Teks Pelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa: Studi Deskriptif di Perpustakaan SMA Negeri 3 Bandung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanyoto, A. 2005. Dasar-dasar Tata Rupa dan Desain.Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Semi, A. 1988. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa

Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherli., Suryaman, M., Septiaji, A., Istiqomah. 2016. Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suryaman, M. 2006. Dimensi-Dimensi Kontekstual di Dalam Penulisan Buku Teks Bahasa Indonesia. Diksi, 13 (2): 165—178. (Online), (www.portalgaruda.org), diakses 1 Maret 2017.

Suyanto, E. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.001.02.04

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hasta Wiyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.