PENGEMBANGAN STRATEGI LEADERSHIP PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

machrus abadi

Abstract


Pokok permasalahan dalam pembelajaran membaca adalah bagaimana memilih dan menggunakan strategi belajar. Strategi belajar merupakan alat interaksi di dalam proses belajar yang digunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat secara maksimal Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan adalah strategi pembelajaran yang mengunakan gaya kepemimpinan dikembangkan dengan pendekatan konstruktivis yang menggabungkan kooperatif learning dan kontekstual dalam pengajarannya.Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan menggabungkan pembelajaran kelompok kecil dan modeling. Diharapkan dari strategi leadership pembelajaran membaca permulaan ini dapat membantu pemerataan pembelajaran siswa lewat kelompok kecil dan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran membaca permulaan di lapangan.Tujuan penelitian menghasilkan produk berupa strategi leadership sebagai variasi baru strategi pembelajaran membaca permulaan yang dikemas dalam sebuah panduan pelaksanaan strategi. Yaitu mengembangkan konsep strategi leadership, langkah-langkah, kesesuaian strategi leadership dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa kelas I SD.


Keywords


Pengembangan, strategi leadership, membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Baradja, M. F. 1990. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang.

Borg, W.,& Gall, M. D. (1989) Education Research : An Introduction. New York: Longmann.

Degeng, I. N. dan Miarso, Y. 1989. Desain Pembelajaran: Teori ke Terapan. Malang: PPS IKIP Malang.

Depdikbud. 1991/1992. Petunjuk Teknis Pengajaran Membaca di SD. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas, 2006. PAKEM: Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan, Makalah disajikan dalam Workshop Profesionalisme Guru Berpretasi Nasional – Pelatihan Nasional LPMP, Jakarta.

Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Mangun Hardjana, S. 1976. Kepemimpinan. Yogyakata: Kanisius.

Nurhadi dan Senduk, A. G. 2002. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyitno, I. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Servant Leadeship atau Kepemimpinan Hamba oleh Meme Mery, SE, Trainer di PT PHILLIPS, Inc JKT.

Wagiman, D. 1992. Pengaruh Teknik Membaca Cepat dan Membaca Bersuara pada Prestasi Belajar Membaca Pemahaman Mahasiswa dalam Bahasa Inggris. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Ardiyanti, L. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Siswa SD Karanggayam Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Murni, Siti. 2015. Keefektifan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Mi Miftakhul Akhlaqiyah. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.001.02.03

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hasta Wiyata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.