PENYIMPANGAN PRINSIP KESOPANAN PADA WEB SERIES INDONESIA TELUK ALASKA PRODUKSI MD ENTERTAIMENT

Authors

  • Rani Sriharyati Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.02.05

Keywords:

Maksim, Penyimpangan, prinsip Kesopnanan, Web Series

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyimpangan dari prinsip kesantunan dalam dialog Seri Web Teluk Alaska Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa tuturan tokoh dalam dialog Web Series. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik dokumentasi, menyimak dan mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penyimpangan prinsip-prinsip kesopanan yang ditemukan pada tuturan tokoh dalam Web Series Teluk Alaska. Penyimpangan maksim kesantunan yang paling banyak ditemukan adalah maksim kebijaksanaan yang berupa tuturan memerintah dan mengancam.

References

Makatita, Jeniffer Litsia. Isabella. 2018. Prinsip-prinsip Kesopanan Dalam Film The Help Karya Tate Taylor: Suatu Analisis Pragmatik. Fakultas Ilmu Budaya: Manado. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id pada tanggal 17 Desember 2021.

Ponco Hapsari dan Riko Hermanto. 2018. “Pelanggaran Prinsip Kesopanan dalam Film ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini’. Jurnal KonferensiUnika Atma Jaya.

Riris Elismawati. 2018. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Leech Dalam Vlog (Video Blog) Youtubers Indonesia. Diakses dari http://repository.unmuhjember.ac.id/6882/11/k.%20ARTIKEL.pdf pada tanggal 15 Desember 2021.

Sulistyorini, Teti Bekti. 2018. Penyimpangan Prinsip Kesopanan Dalam Grup Whatsapp Mahasiswa dan Implikasinya Sebagai Materi Ajar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Surakarta.

https://wetv.vip/play?cid=akwckof2lj9wjmn

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles